Mukadimah Ensiklopedia Fiqih Mini

ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ. ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﺭﺏ ﺍﻟﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﺇﻥ ﺍﻟﺤﻤﺪ ﻟﻠﻪ ﻧﺤﻤﺪﻩ ﻭﻧﺴﺘﻌﻴﻨﻪ ﻭﻧﺴﺘﻐﻔﺮﻩ ﻭﻧﻌﻮﺫ ﺑﻪ ﻣﻦ ﺷﺮﻭﺭ ﺃﻧﻔﺴﻨﺎ ﻭﻣﻦ ﺳﻴﺌﺎﺕ ﺃﻋﻤﺎﻟﻨﺎ . ﻣﻦ ﻳﻬﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻼ ﻣﻀﻞ ﻟﻪ ﻭﻣﻦ ﻳﻀﻠﻞ ﻓﻼ ﻫﺎﺩﻱ ﻟﻪ . ﺃﺷﻬﺪ ﺃﻥ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺃﺷﻬﺪ ﺃﻥ ﻣﺤﻤﺪﺍ ﻋﺒﺪﻩ ﻭﺭﺳﻮﻟﻪ . ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺻﻞ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﺑﺎﺭﻙ ﻋﻠﻰ ﺻﻔﻮﺓ ﺧﻠﻘﻪ ﺳﻴﺪ ﺍﻟﻜﻮﻧﻴﻦ ﺧﺎﺗﻢ ﺍﻟﺮﺳﻞ ﻣﻘﻴﻢ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﻧﺒﻲ ﺍﻟﺘﻮﺑﺔ ﻧﺒﻲ ﺍﻟﺮﺣﻤﺔ ﻧﺒﻲ ﺍﻟﻤﻼﺣﻢ ﺍﻟﻤﺼﻄﻔﻰ ﺭﺣﻤﺔ ﻟﻠﻌﺎﻟﻤﻴﻦ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﻋﻠﻰ ﺃﻟﻪ ﻭﺻﺤﺒﻪ ﺍﺟﻤﻌﻴﻦ ﺑﻘﺪﺭ ﻋﻈﻤﺘﻚ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻭﻗﺖ ﻭﺣﻴﻦ .
ﺃﻣﺎ ﺑﻌﺪ
Ensiklopedia fiqih mini ini masih bersetatus rancangan. Referensinya diambil dari kitab-kitab fiqih yang tersedia di perantauan. Entah itu dari maktabah shamela, file pdf atau kitab yang penulis bawa. Bidang fiqihnya dibatasi dalam lingkup madzhab Imam Syafi’i.
Ensiklopedia ini dapat dibilang mini karena hanya ringkasan dan terjemahan. Contoh ensiklopedia fiqih yang besar: mawsu’ah fiqhiyah kuaitiyah.
Mungkinpembaca akan bertanya-tanya mengapa tidak menterjemahkan mawsu’ah fiqhiyah kuaitiyah saja? Karena keterbatasan waktu dan banyak jumlah jilidnya, yakni sekitar 40 jilid. Baiklah, mungkin akan diringkas terjemahannya dan dibatasi pada madzhab Imam Syafi’i.
Mengapa dibatasi pada madzhab Imam Syafi’i? Karena kepentingannya praktis. Sedangkan pembahasan empat madzhab, kepentingannya debat dan mencari alternatif hukum. Disamping itu juga untuk memudahkan orang yang baru belajar agama. Mengingat, pesan Kiai Hasyim Asy’ari bahwa murid sebaiknya tidak mempelajari perbedaan pendapat di masa-masa awal dia belajar. Ketika sudah mempuni memahami madzhabnya, baru dia boleh belajar perbedaan pendapat. Skema ini dibuat agar pemikiran murid tidak rancu. Imam Ghazali juga pernah menjelaskan bahwa guru yang mengajarkan perbedaan pendapat kepada murid awam ini, adalah guru yang daya rusaknya lebih besar daripada manfaatnya.
Demikian mukadimah ensiklopedia fiqih mini ini, semoga bermanfaat. Semoga Allah memberi petunjuk dan menjaga kita tetap di dalam petunjuk. Aamiiin…
ﻋﻠﻰ ﻫﺬﻩ ﺍﻟﻨﻴﺔ ﻭﻟﻜﻞ ﻧﻴﺔ ﺻﺎﻟﺤﺔ، ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ
ﻭﺑﺎﻟﻠﻪ ﺍﻟﺘﻮﻓﻴﻖ ﻭﺍﻟﻬﺪﺍﻳﺔ
ﻭﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻭﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺑﺮﻛﺎﺗﻪ
١٢ ﺫﻭ ﺍﻟﺤﺠﺔ

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.