Perkenalan

Assalamu alaikum

Perkenalkan, kami adalah cabang dari pesantren Tebuireng yang ketujuh. Pesantren ini bernama Miftahul Khoir. Nama ini diambil dari nama almamater pengelola pesantren cabang ini, yakni Miftahul Khoir Tasikmalaya.

Kerja sama dengan Pondok pesantren Tebuireng dimulai sejak tahun 2015. Kemudian pondok pusat mengirimkan bantuan dua tenaga pengajar pada tahun 2017.

Pondok Miftahul Khoir Tebuireng 7 ini terletak di desa buyat barat kecamatan kotabunan kabupaten bolaangmongondow timur. Desa kami berbatasan dengan desa ratatotok kabupaten minahasa tenggara. Di lingkungan dengan agama yang heterogen ini, pondok miftahul khoir termasuk as-sabiqunal awwalun.

Pondok ini diprakarsai oleh musyawarah guru-guru TPQ di desa buyat bersatu pada tahun 2008. Masyarakat dan pemerintah desa pun mendukung. Kemudian dalam hal pembangunan gedung dibantu oleh newmont dan Abu Rizal Bakrie. Terakhir, Pondok Miftahul Khoir Buyat bekerja sama dengan Pondok Tebuireng

Selama satu dekade, pondok mengalami pasang surut. Pondok pernah diisi oleh seratus santri. Pondok juga pernah bertahan hanya tiga santri. Meskipun begitu, beberapa santri menjuarai event lomba, seperti MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur’an/lomba membaca Al-Qur’an) dan MQK (Musabaqah Qira’atil kutub/lomba menterjemah kitab kuning).

Demikian, perkenalan singkat kami. Semoga Allah menolong kita dan membersihkan hati kita dari sifat jelek, kemusyrikan dan membantu kita beribadah sesuai ketentuan dan murni untuk Allah ta’ala saja.

Wassalamu alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.