Ahlus Sunnah adalah

You are here:
< Back

Dulu, ahlus sunnah wal jamaah adalah Nabi Muhammad SAW dan para sahabat. Kemudian jama’ah (kelompok terbesar) dalam generasi tabi’in (generasi para sahabat). Mereka adalah ulama’ salaf (generasi sebelum tahun 300 H)

Lebih lengkap di:
www.piss-ktb.com/2012/03/f0083-mengenal-piss-ktb.html?m=1

Imam Malik itu tabi’in. Beliau juga tokoh besar di Madinah yang menjadi rukljukan dalam ilmu fiqih dan membawahi banyak murid/pengikut. Jadi beliau adalah ahlus sunnah wal jamaah.

Salah satu murid beliau yang berasal dari Makkah adalah Imam Syafi’i. Murid Imam Syafi’i adalah Imam Ahmad bin Hambal. Yang satu generasi dengan Imam Malik adalah Imam Abu Hanifah tapi beda kota. Mereka adalah empat Imam rujukan dalam ilmu fiqih. Meskipun madzhab fiqih mereka berbeda, namun aqidah mereka sama.

Saat itu, ilmu aqidah belum tertata rapi. Ilmu hadis juga masih baru mulai ditata dan dibukukan. Sedangkan ilmu fiqih saat itu sudah tertata.

Empat madzhab fiqih ini generasi salaf yang ajarannya berhasil diajarkan turun menurun dan banyak catatan kitabnya. Mereka saling toleran. Selama masih ada ajaran imam fiqih yang membenarkan tindakan seseorang dalam satu qadhiyah (paket ibadah), maka tidak ada yang menyalahkan. Mereka adalah generasi salaf tahun 93 H (kelahiran Imam Malik) – 241 H (wafat Imam Ahmad)

Aqidah ahlus sunnah wal jamaah yang belum tersusun rapi tadi, diterangkan konsepnya dan diberi dalil secara sistematis oleh Imam Asy’ari dan Imam Maturidi. Mereka adalah generasi tahun 233/247 H – 334 H (kelahiran & wafat Imam Maturidi). Imam Maturidi ini seorang imam aqidah yang memakai fiqih Madzhab Hanafi. Mayoritas pengikut beliau juga murid Madzhab Hanafi. Sedangkan pengikut Imam Asy’ari berlatar belakang Madzhab Maliki, Syafi’i, Hambali dan Hanafi. Mereka ini juga masih ahlus sunnah wal jama’ah.

Lebih lengkap di:
www.piss-ktb.com/2012/12/2167-golongan-al-asyaairoh.html?m=1

SEKARANG

Berarti: orang-orang yang percaya, beramal, belajar dan mengajar Agama Islam berdasar keterangan turun-temurun dari

  1. Salah satu madzhab fiqih yang empat dan
  2. Salah satu madzhab aqidah yang dua

Adalah ahlus sunnah wal jama’ah.